Dandim Batang Pimpin Renungan Kehormatan Kenang Jasa Pahlawan

Batang - Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra memimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Malam Suci di Taman Makam Pahlawan Kadilangu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (16/8).

Apel yang digelar sebagai rangkaian peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia ini berlangsung dengan khidmat. Upacara apel kehormatan dan renungan suci tersebut dilaksanakan pada malam pada pukul 00.00 WIB sebelum detik-detik proklamasi 17 Agustus.

Turut hadir, Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, Wakil Bupati Batang Suyono, dan unsur Forkopimda.

Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra saat membacakan naskah apel renungan suci serta melakukan penghormatan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara yang telah gugur adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kita juga,” jelasnya.

Dandim mengatakan, doa senantiasa dipanjatkan agar arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarya.

Selain membacakan naskah apel, acara renungan suci dilanjutkan dengan mematikan lampu, penyalaan lilin dan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan. Upacara itu ditutup dengan penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan.