Jakarta - Asosiasi perdagangan internasional yang memfasilitasi UMKM (Small and Medium Enterprises International Trade Association/SMITA) tertarik untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM Indonesia ke pasar mancanegara.
Hal itulah yang dikatakan President SMITA Megane S.C Soo, saat berkunjung ke kantor Antara Digital Media, di Jakarta, Selasa (7/6) sore.
Bagi Megane, UMKM butuh perhatian lebih dari berbagai aspek, seperti pengemasan produk hingga strategi pemasaran jitu agar produk UMKM Indonesia bisa diterima dan bersaing di pasar mancanegara.
Megane menjelaskan bahwa setiap pasar mancanegara memiliki tantangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, produk UMKM Indonesia patut menyesuaikannya agar bisa menerobos pasar global.
Sementara itu, CEO PT Antara Elektronik Transaksi Pratama Darmadi menyambut baik rencana SMITA untuk mendukung UMKM Indonesia bersaing di pasar mancanegara.
“Hal ini juga sejalan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menjadikan UMKM sebagai pilar penting perekonomian Indonesia,” pungkas Darmadi.
Sebagai informasi, SMITA telah menjalin kerja sama internasional dengan negara-negara seperti Meksiko, Kolombia, Peru, Chile, China, Inggris, dan ASEAN, termasuk negara tetangga Malaysia.