Terapkan Program Desa Cantik, BPS-Diskominfo Batang Berikan Pembinaan

Batang - Bidang Statistik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan sosialisasi, pembinaan serta pencanangan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) dalam mendorong kolaborasi data untuk kebijakan tepat sasaran, di Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jumat (3/11).

Desa Cantik 2023 merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data regsosek sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Kepala BPS Batang Heni Djumadi memberikan, apresiasi kepada Desa Brokoh telah sukses, dengan hasil yang baik dalam program Desa Cantik.

“Desa Brokoh mempunyai program dalam pengentasan Stunting, selanjutnya adalah setelah dapat pemahan hanya bisa dilewati dengan cara penyembuhan dan memberikan pemahaman Stunting ini tidak hanya pada kaum wanita, tapi juga terhadap para kaum pria atau kaum Bapak,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa, BPS akan membimbing teman-teman di Desa Brokoh yaitu program selanjutnya adalah memberdayakan para lansia.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan serta masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik,” terangnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan seluruhnya dalam standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan perbandingan indikator statistik.

Ia berharap desa bukan sebagai objek pembangunan, tetapi sebagai subjek, karena kebanyakan data itu dari desa. Untuk mencapai itu, pemerintah desa harus memiliki tata kelola yang baik, salah satunya yaitu pengelolaan data statistik.