Pasca-Idul Adha, Pemkab Muara Enim Kembali Gelar Operasi Pasar Murah

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Sumatera Selatan, kembali menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) dengan mensubsidi sejumlah komoditas di Pasar Inpres Muara Enim. Rabu (19/6).

Adapun Komoditas yang disubsidi dalam OPM kali ini yakni terong Rp5.000/kg, kacang panjang Rp6.000/kg, timun Rp4.000/kg, wortel Rp5.000/kg, cabai merah Rp30.000/kg, sawi hijau Rp6.000/kg, sawi putih Rp4.000/kg, telur ayam Rp17.000/kg, dan gula pasir curah Rp12.000/kg.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Hermin Eko Purwanto mengatakan, Pemkab Muara Enim mendapati adanya sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan harga pasca-Idul Adha 1445 H. Kenaikan harga tersebut, menurut sejumlah pedagang disebabkan karena saat ini sejumlah pemasok barang belum beroperasi seperti biasanya dikarenakan masih dalam suasana libur Idul Adha.

Menanggapi hal ini, Hermin menyampaikan bahwa Pemkab Muara Enim bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait akan terus menggelar OPM secara berkesinambungan guna memastikan kenaikan harga barang tersebut dapat terkendali dan utamanya meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Selain itu, Pemkab Muara Enim kembali mengingatkan kepada seluruh pedagang untuk tidak memanfaatkan situasi dengan menaikan harga melebihi ketentuan harga eceran tertinggi serta tidak menimbun barang.