Pemkab Jayapura Pindahkan TPS Doyo Lama ke TPA Waibron Mulai 1 Oktober

Sentani - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa mengatakan, pemindahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Doyo Lama ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Waibron menjadi antensi yang harus dilakukan segera.

"Rencana penutupan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Doyo Lama, Distrik Waibu resmi dilakukan pada 1 Oktober 2024 dengan ditandai pelepasan sejumlah truk sampah oleh Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa bersama forkopimda dari lapangan kompleks Kantor Bupati," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, Kamis (26/9).

Untuk truk sampah yang dilepas itu akan mengawali membawa sampah dari TPS Doyo menuju TPS Waibron sehubungan akan ditutupnya TPS Doyo Lama.

“Pelepasan truk akan dilangsungkan secara simbolis dari Gunung Merah menuju Waibron, Sentani Barat. Di mana truk sampah akan beriringan setelah dilepas oleh Pj Bupati Jayapura bersama pimpinan Forkopimda langsung menuju TPA Waibron,” jelasnya.

Ini dilakukan Pemkab Jayapura untuk mewujudkan Jayapura bersih dan peduli lingkungan dari kota hingga ke kampung-kampung.

“Serta dilakukan kegiatan gotong-royong atau partisipasi bersama melaksanakan pembersihan lingkungan masing-masing pada hari itu juga secara serentak,” tandasnya.