Dianggarkan di APBD-P 2024, Pemkab Muara Enim Bangun Trase Jalan Baru Kasai-Muara Lematang

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim Henky Putrawan meninjau langsung ruas jalan yang ambles pada November 2023 lalu di Desa Kasai, Kecamatan Sungai Rotan, pada Jumat (2/8).

Pj Bupati Henky didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan A. Yani Heriyanto berkomitmen segera memperbaiki jalan yang menghubungkan lima desa di Kecamatan Sungai Rotan dengan memastikan pengalokasian dana pembangunan trase jalan baru pada APBD Perubahan 2024.

Dirinya berharap masyarakat dapat mendukung melalui pembebasan lahan untuk trase jalan baru sehingga pembangunan dapat segera dikerjakan tahun ini.

Pj Bupati Henky yang juga didampingi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Suhermansyah dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani menilai dengan melihat kondisi yang ada, maka perbaikan harus dengan memindahkan ke lokasi trase baru, yaitu mundur menjauh dari tepian Sungai Lematang.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan perangkat daerah terkait segera mengkaji dan mengkoordinasikan lebih lanjut dengan melibatkan pemerintah kecamatan dan masyarakat setempat sehingga akses jalan yang juga menghubungkan Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin dengan wilayah Kabupaten Muara Enim ini dapat segera dikerjakan.

Dijelaskannya pula bahwa untuk saat ini Pemkab Muara Enim akan meningkatkan kualitas jalan darurat non-permanen sebagai solusi jangka pendek hingga trase jalan baru rampung dikerjakan.

Pj Bupati Henky menjelaskan bahwa pengerjaan trase jalan baru akan dimulai setelah adanya kesepakatan pembebasan lahan.

Menurutnya, jika masyarakat bersedia untuk membebaskan lahan, maka pengerjaan dapat dilaksanakan pada tahun ini juga melalui APBD Perubahan 2024, namun jika kegiatan ganti rugi lahan, maka kemungkinan akan diundur untuk dialokasikan kembali melalui penyesuaian pada APBD 2025 mendatang.